Indonesia Tuan Rumah IESF 14th Esports World Championships 2022

  • Bagikan
Indonesia Tuan Rumah IESF 14th Esports World Championships 2022

Indonesia Tuan Rumah IESF 14th Esports World Championships 2022

Indonesia penyelenggara IESF 14th Esports World Championships 2022. Rencananya ajang olahraga tersebut akan berlangsung bulan November di Bali.

Kebanggaan bagi Indonesia karena terpilih dari enam negara yang mengajukan bidding. Ajang bergengsi yang menampilkan kejuaraan esport seperti komputer, console dan ponsel ini rencananya akan berlangsung pada tanggal 20-27 November.

IESF 14th Esports World Championships 2022, Esport Tingkat Internasional

IESF 14th Esports World Championships 2022 adalah sebuah organisasi yang menaungi olahraga esport di dunia. Sampai saat ini jumlah anggotanya sebanyak 111.

Tim Esport Indonesia luar biasa dan sudah lama terkenal. Keputusan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah diumumkan secara resmi oleh Presiden Federasi Esports Internasional, Marinescu. Hal ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia.

Marinescu menyampaikan, Bali merupakan tempat yang tepat untuk melaksanakan ajang bergengsi ini. Kualitas, pengalaman dan dukungan pada profesionalisme komite dan seluruh tim menjadi dasar kelayakan Indonesia sebagai tuan rumah.  

Keberhasilan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 merupakan hasil diplomasi dari ketua KOI (Komite Olimpiade Indonesia). Sinergi federasi Indonesia juga turut andil dalam hal ini.

Okto, ketua KOI berharap, ajang ini dapat memacu semakin majunya esport di Indonesia. Komite Esport di dunia juga maju sangat pesat. Hal ini juga untuk membuktikan bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah dengan baik.

Bambang Sunarwibowo, yang merupakan ketua Harian Pengurus Besar Esport Indonesia  (PBESI) menjadi penyelenggara adalah  tonggak sejarah bagi Indonesia. Harapannya hal ini  juga akan menjadi motor penggerak industri Esport di Indonesia.

Kompetisi akbar di Nusa Dua, Bali akan menghadirkan 100 negara sebagai peserta. Perkiraan jumlah peserta adalah 1 jutaan.  Tentu Indonesia harus benar-benar menyiapkan ajang tersebut agar berjalan dengan sukses.

Perwakilan Indonesia Di Ordinary Meeting

Keputusan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pasti setelah delegasi Komite Olimpiade Indonesia Desra Firza Ghafran menerima plakat seremonal. Penyerahan dilakukan oleh Presiden Feredesi  Esport Internasional (IESF).

Vlad Marinescu, menyerahkannya pada acara IESF Ordinary General Meeting, pada tanggal 19 November 2021). Menurutnya, peserta sejumlah 1 juta harus sudah lolos kualifikasi.

Kualifikasi sendiri berjalan secara bergulir sejak tiga bulan sebelumnya. Rencananya akan ada 3 genre game yang menjadi pertandingan, yaitu PC atau computer, ponsel dan konsol.

Pada acara IESF Ordinary General Meeting, Indonesia mengirim beberapa perwakilan, yaitu Desra, ketua Komisi Sport ad Environment KOI, ketua IESPA Eddy Lim, wakil ketua umum IESPA Diana Sutrisno, dan Pembina PB ESport, Ibnu Riza.

Samart Benjamin, Sekretaris Jenderal Federasi Esports Asia Tenggara (SEAEF) memberikan selamat pada Indonesia yang telah terpilih sebagai tuan rumah. Beliau berharap IESF 14th Esports World Championships 2022 dapat berjalan sukses.

Menurunnya, beliau memberikan komitmen penuh bagi Indonesia. Benjamin melanjutkan bahwa penetapan sebagai tuan rumah bukti bahwa ASEAN merupakan regional yang siap menyelenggarakan event kelas dunia, turnamen Esport.

KOI sangat mensupport dan berperan aktif dalam mengawal kolaborasi IESPA dan PB Esport Indonesia dari awal. Dengan sinergi tersebut telah melahirkan Badan Timnas Esports dan tim ad-hoc.

Selain itu, juga akan menjadi tempat bagi atlet-atlet esport Indonesia untuk tampil dalam kejuaraan bergengsi di tingkat internasional. Tentu hal ini sangat berperan baik bagi perkembangan esport di Indonesia.

Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah di IESF 14th Esports World Championships 2022 merupakan penghormatan dan apresiasi yang baik. Semoga acara tersebut berjalan lancar dan sukses.

  • Bagikan