Spesifikasi PUBG PC Minimal Agar Bisa Lancar Bermain

  • Bagikan
spesifikasi PUBG PC

spesifikasi PUBG PC

PUBG atau Player Unknown Battle Ground merupakan salah satu game yang memiliki banyak penggemar. Meski demikian, untuk dapat memainkan game ini perlu spesifikasi PUBG PC yang tidak sembarangan.

Banyak orang berpikir ulang untuk memainkan game ini di PC atau laptop. Hal tersebut disebabkan PUBG memerlukan PC atau laptop dengan spesifikasi khusus. Saat ini banyak tersedia PC atau laptop gaming yang dapat mengakomodir PUBG.

Apa Minimal Spesifikasi PUBG PC?

Sebelum memutuskan untuk memainkan game PUBG di PC atau laptop, pastikan dulu bahwa speknya memenuhi syarat. Lantas apa saja spesifikasi minimum PC untuk dapat memainkan PUBG? Simak berikut ini.

1.  Spesifikasi PUBG PC: Memori Besar

PUBG merupakan salah satu jenis game yang terbilang rakus memori. Oleh karena itu, PC untuk memainkan game ini minimal harus memiliki RAM 8Gb. Dengan RAM sebesar inipun, pengguna wajib menutup aplikasi lain selain PUBG.

RAM yang disarankan untuk dapat memainkan PUBG dengan nyaman adalah sebesar 16Gb. Hal ini karena PUBG dapat menggunakan sekitar 6,5 hingga 10Gb dari total memori yang tersedia.

Map besar dan grafis yang indah serta jumlah pemain yang cukup banyak tentu saja memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Oleh karena itu pastikan menggunakan PC yang memiliki RAM minimal 8Gb agar battle tidak terganggu.

2.  GPU / VGA

Salah satu komponen yang memiliki pengaruh besar untuk menghasilkan game dengan grafis yang lancar dan indah adalah VGA. Untuk mendapatkan performa yang lebih baik, sebaiknya menggunakan VGA merk NVIDIA.

VGA dari NVIDIA ini memiliki performa lebih tinggi sebesar 10% dibandingkan VGA AMD yang merupakan kompetitornya. Meski telah menggunakan VGA NVIDIA, namun tidak bisa sembarang type untuk bisa bermain PUBG.

Gunakan NVIDIA bertipe GTX 1060 6Gb untuk memperoleh frame per second (FPS) sebesar 60 FPS. Ini berlaku untuk pengaturan medium dengan resolusi 1080p agar FPS stabil dan juga layak.

Lain halnya apabila ingin memainkan spesifikasi PUBG PC pada setting ultra, maka butuh NVIDIA dengan tipe GTX 1070. Tipe ini sama dengan GTX 1060 6Gb yang akan menghasilkan resolusi 1080.

Bagi gamers yang akan bermain dengan PUBG dengan resolusi di atas 1080p, maka tidak bisa menggunakan dua tipe VGA tersebut. Untuk menghasilkan resolusi minimal 1080p, maka harus menggunakan NVIDIA GTX 1080.

3.  Prosesor

Spesifikasi PUBG PC berikutnya ada pada prosesor atau CPU. Komponen ini sangat penting perannya ketika harus memproses kondisi berat dalam game. Contohnya pada saat game loading atau ketika muncul obyek di dalam permainan.

Untuk dapat memainkan PUBG dengan nyaman, sebaiknbya gunakan CPU dengan tipe multiple core. Tipe ini berlaku untuk Intel maupun AMD karena performanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Pada saat akan bermain pada setting medium, maka minimal gunakan Intel Dual Core atau AMD Ryzen paling rendah. Spesifikasi ini cocok untuk bermain pada resolusi 1080p.

Gunakan Intel 15-7500 atau Ryzen 51600X apabila ingin bermain pada setting ultra. Untuk hasil dan performa terbaik dalam bermain PUBG, gunakan Intel i7-7700k.

Selain spesifikasi di atas, gamers masih harus mempertimbangkan hal lain untuk memainkan PUBG di PC. Koneksi internet menjadi salah satu hal yang tidak bisa diabaikan.

Koneksi internet Broadband yang stabil akan membuat permainan semakin seru dan pastinya lancar. Oleh karena itu, pastikan koneksi internet memenuhi syarat untuk bermain PUBG. Percuma saja PC mendukung namun koneksi internet lambat.

Melihat dari spesifikasi PUBG PC di atas, sudah terbayang kan, perlu berapa banyak dana untuk memiliki PC yang sesuai? Masih tertarik untuk memainkan game PUBG di PC?

  • Bagikan