Tidak Perlu Bayar Denda ! Pemutihan Pajak Motor 2022

  • Bagikan
Pemutihan Pajak Motor 2022

Pemutihan Pajak Motor 2022

Setiap pemilik kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat wajib membayar pajak kendaraan bermotor atau PKB. Bagi pemilik kendaraan yang terlambat membayar pajak tidak perlu bingung karena ada pemutihan pajak motor 2022.

Sehingga tidak perlu lagi harus membayar sanksi denda keterlambatan. Sanksi denda keterlambatan pada masing masing daerah biasanya berbeda beda. Tergantung kebijakan masing masing daerah.

Sekilas Tentang Pemutihan Pajak Motor 2022

Berbicara mengenai pemutihan pajak motor 2022 tidak semua pemilik kendaraan bermotor roda dua mengetahuinya. Meskipun adanya pemutihan pajak kendaraan roda dua ini diinformasikan melalui berbagai media baik cetak maupun online.

Setiap wilayah biasanya seringkali mengadakan program pemutihan pajak motor. Hal ini tentu saja akan membawa angin segar bagi para pemilik motor. Terutama bagi yang terlambat atau menunggak membayar pajak kendaraan bermotor.

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah pemutihan pajak motor ini. Namun tidak demikian bagi orang awam yang belum memahaminya. Lalu sebenarnya apa sih yang disebut dengan pemutihan pajak motor  ini ?

Pemutihan pajak motor 2022 sebenarnya merupakan penghapusan sangsi denda pajak yang dikenakan bagi para pemilik kendaraan bermotor roda dua. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban pajak bagi masyarakat.

Jadi yang disebut dengan pemutihan pajak motor ini hanyalah untuk menghapus sanksi pembayaran dendanya saja. Sedangkan untuk pembayaran pajaknya pemilik kendaraan tetap harus membayarnya.

Jenis Jenis Pajak Motor

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai pemutihan pajak motor ada baiknya sekilas memahami tentang pajak kendaraan bermotor. Jenis pajak ini  ada dua macam yaitu pajak tahunan dan lima tahunan.

Untuk pajak tahunan ini pemilik kendaraan bermotor akan membayarnya setiap setahun sekali pada saat memperpanjang STNK. Sedangkan untuk pajak lima tahunan pemilik motor akan membayarkan setiap lima tahun sekali.

Biasanya membayarkan pajak lima tahunan ini pada saat mengganti plat kendaraan. Besarnya pembayaran pajak ini berbeda beda tergantung dari jenis kendaraan, tahun pembuatan dan juga kepemilikan kendaraan yang ke berapa.

Persyaratan Program Pemutihan Pajak Motor

Bagi para pemilik kendaraan bermotor yang ingin mengikuti program pemutihan ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan ini sama seperti pada saat membayar pajak motor pada umumnya yaitu STNK dan KTP.

Selain mengikuti program pemutihan pemilik motor juga bisa mengganti nomor plat kendaraan dengan beberapa persyaratan. Seperti KTP, STNK dan BPKB. Bukan hanya itu saja, pemilik motor juga bisa melakukan balik nama kendaraan.

Persyaratannya sama hanya saja harus menambahkan kuitansi jual beli bermaterai infonya klik link  https://www.kaskus.co.id/thread/59e84d7254c07afb628b4573/ini-lho-syarat-pemutihan-pajak-kendaraan-bermotor-mudah-dan-gak-ribet/

Manfaat Program Pemutihan Pajak Motor

Adanya program pemutihan pajak motor ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Terutama bagi para pemilik kendaraan bermotor roda dua yang selama ini menunggak membayar pajak. Berikut ini beberapa manfaatnya.

1.     Manfaat Pemutihan Pajak Motor 2022 Bagi Wajib Pajak

Manfaat pemutihan ini dapat meringankan beban pembayaran pajak yang harus dibayar. Selain itu dengan adanya pemutihan ini maka dapat melegalkan legalitas kendaraan bermotor yang selama ini menunggak pembayaran pajak.

Dengan legalnya kendaraan ini maka akan lebih tenang dalam menggunakannya. Apalagi bila motor dalam kondisi yang sehat dan bebas penyakit. Untuk infonya https://jemari.net/otomotif/penyakit-motor-kena-banjir/

2.     Manfaat Pemutihan Bagi Instansi

Adanya program pemutihan ini selain memberikan manfaat bagi wajib pajak, juga sangat bermanfaat bagi instansi. Adapun manfaatnya antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Wajib pajak menjadi lebih bermanfaat
  • Menambah pemasukan pendapatan pajak dari PKB
  • Mendorong  wajib pajak taat membayar pajak

Seperti yang sudah diuraikan di atas adanya pemutihan pajak motor 2022 ini memberikan banyak sekali manfaat. Jadi tunggu apa lagi yuk segera  manfaatkan untuk membayar pajak motor tanpa denda.

  • Bagikan