Penyakit Motor Kena Banjir, Dari Mogok Hingga Karatan

  • Bagikan
Untitled design 2

Untitled design 2

Curah hujan yang sangat tinggi di beberapa wilayah Indonesia memang berpotensi banjir. Lantas, bagaimana mengatasi penyakit motor kena banjir? Jelas, kendaraan tersebut perlu penanganan khusus setelah terendam air.

Umumnya penyakit yang mesti timbul setelah motor terendam banjir adalah susah menyalakannya, hingga mogok total. Selanjutnya, tanpa perawatan yang tepat, komponen logam pada motor akan mengalami karatan.

Cara Penanganan Penyakit Motor Kena Banjir

Jika mengalami motor kesayangan terkena banjir, jelas membuat khawatir terjadi kerusakan. Hal ini karena banyak komponen dalam kendaraan tersebut yang tidak seharusnya terkena air. Untuk itu, coba atasi dengan beberapa hal berikut.

1. Cek Busi dan Tutupnya

Pada kondisi motor terendam sebagian, salah satu komponen yang rawan kemasukan air adalah busi dan tutupnya. Hal ini menyebabkan susah menyalakan kendaraan tersebut, karena pengapian motor terganggu.

Jadi, setelah terkena banjir, sebaiknya segera membersihkan dan mengeringkan busi. Lepaskan busi, kemudian lap hingga kering. Tiup-tiup agar partikel air keluar dari sela-selanya. Perlu juga menyikat atau menggosok dengan amplas halus.

Cek juga bagian penutup busi. Apabila hanya sekadar basah atau kotor, maka keringkan saja. Namun, jika terjadi robekan atau kerusakan lainnya, sebaiknya mengganti dengan yang baru.

2. Periksa Kondisi Knalpot

Kedua,cara mengatasi penyakit motor kena banjir adalah segera mengecek keadaan knalpot. Ketika menerobos banjir, kadang pemilik motor lupa bahwa kondisi ini berbahaya bagi komponen pembuangan gas ini.

Knalpot yang kemasukan air, bisa mengakibatkan tersumbatnya pembuangan. Akhirnya, motor menjadi mogok dan susah menyalakannya kembali. Jadi, pastikan knalpot benar-benar kering sebelum menyalakan mesin.

3. Perhatikan Saringan Karburator

Apabila air masuk melalui filter ini, jelas akan memengaruhi kinerja motor. Oleh sebab itu, setelah mengecek busi dan knalpot, sebaiknya segera mengecek saringan ini. Pastikan kondisinya kering dan bersih dari sisa lumpur karena ini umum sebagai penyakit motor kena banjir.

Setelah memastikan bersih dan kering, cek juga bahwa masih berfungsi dengan baik. Apabila ada gangguan pada fungsi, sebaiknya segera menggantikan dengan yang baru.

4. Pastikan Oli Tidak Terkontaminasi Air

Setelah nekat menerjang banjir, ada satu lagi kemungkinan buruk yang bisa terjadi, yaitu oli terkontaminasi air. Periksa dan pastikan ini tidak terjadi. Cara mudahnya adalah mengecek warnanya. Jika tampak kopi susu, artinya sudah bercampur air.

Apabila kondisi tersebut dibiarkan, jelas akan mengganggu mesin. Pemanasan tidak optimal. Selain itu, kinerja motor menjadi lebih berat. Bahaya lain adalah terjadinya mesin keropos akibat terkena air hujan yang bersifat asam dan korosif,

Ada baiknya, setelah terendam banjir, segera menguras oli berkali-kali hingga bersih. Selanjutnya menggantinya dengan yang baru agar terhindar dari kerusakan yang justru menghabiskan banyak uang.

5. Mengatasi penyakit motor kena banjir dengan Mencucinya

Setelah mengecek bagian per bagian, langkah selanjutnya adalah membersihkan keseluruhan motor secara cermat. Jangan lupa, bilas berkali-kali menggunakan air bersih. Tujuannya adalah menghilangkan sisa air hujan yang bersifat korosif.

Selanjutnya, keringkan kembali kendaraan tersebut hingga benar-benar terbebas dari air. Dengan demikian, motor akan terhindar dari risiko terjadinya karat. Langkah terakhir adalah memanaskan mesinnya, agar bekerja normal kembali.

Cara di atas adalah penanganan motor kena banjir sebagian. Namun, pada kondisi motor terendam total, tentu penanganannya akan berbeda. Jangan sekali-kali langsung mencoba menghidupkannya, karena justru membuat kerusakan parah.

Selain itu, khawatirnya akan terjadi hubungan arus pendek akibat masuknya air ke ruang mesin. Untuk penanganan motor yang terendam ini, sebaiknya langsung mengirimkan ke bengkel agar mendapatkan penanganan menyeluruh.

Beberapa cara mengatasi penyakit motor kena banjir di atas harus segera Anda lakukan. Jadi, jangan langsung paksa menyala dan menggeber dengan gas tinggi ala Rossi, melainkan pastikan semua komponen kering dan bersih dahulu.

  • Bagikan